BERITA TERKINI :

Lelang Elektronik

E-Procurement atau lelang secara elektronik adalah proses pengadan barang/jasa dalam lingkup pemerintah yang menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap proses dan langkahnya.

Dasar hukum pelaksanaan e-procurement adalah UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE, Keppres No. 80 Tahun 2003, dan Perpres No. 8 Tahun 2006.

Secara umum, e-procurement dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu e-tendering dan e-purchasing. E-Tendering adalah proses pengadaan barang/jasa yang diikuti oleh penyedia barang/jasa secara elektronik melalui cara satu kali penawaran, sedangkan E-Purchasing adalah proses pengadaan barang/jasa yang dilakukan melalui katalog elektronik.

E-Tendering sama persis dengan pola pengadaan yang selama ini dilaksanakan secara manual, perbedaannya hanya seluruh tahapan dilaksanakan secara elektronik, sedangkan E-Purchasing menggunakan cara yang sama sekali berbeda. Pengguna barang/jasa tinggal memilih barang/jasa yang diinginkan melalui katalog elektronik yang terbuka serta transparan. Katalog ini disusun oleh LKPP melalui sebuah kontrak payung kepada Produsen atau penyedia utama, sehingga harga yang ditawarkan dipastikan jauh lebih rendah dibandingkan harga pasaran
 
Pelaksanaan pengadaan secara elektronik membutuhkan sebuah unit khusus di pemerintahan, unit tersebut bernama Layanan Pengadaan Secara Elektronik disingkat LPSE. LPSE inilah yang berfungsi sebagai penghubung antara PPK/Panitia dengan Penyedia Barang/Jasa melalui aplikasi e-procurement.

LPSE bertugas untuk membangun sistem e-proc, memberikan username dan password kepada semua pihak yang terlibat, memberikan pelatihan kepada semua pihak yang terlibat, serta menjaga, merawat, dan memperbaiki sistem e-procurement.

Oleh sebab itu, apabila ada yang hendak melaksanakan lelang secara elektronik, atau hendak ikut lelang yang dilaksanakan secara elektronik, silakan menghubungi LPSE terdekat atau LPSE yang melaksanakan pengadaan barang/jasa.
 

   Pencarian



   Agenda Kegiatan

Undangan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa OKI
29/10/2015 09.00
Sekda OKI
Wisuda angkatan IV program strata satu (S1)
03/09/2015 08.00
UNISKI, OKI
Undangan Apel HUT Pramuka ke-54
08/12/2015 07:30
Kwarcap OKI

   Pengumuman

Situs Resmi Dishubkominfo Kabupaten Ogan Komering Ilir
04/10/2015 16:33

   Polling

Bagaimana menurut anda pelayanan kami ?
Cepat & Terarah
Perlu Dipercepat
Tidak Terarah
Tidak Tahu


   Link Terkait

Dishub
Dishubkominfo Pemprov Sumsel
Kabupaten OKI
Kominfo
Pemprov Sumsel
Republik Indonesia

Dikelola Oleh : Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI
d.perhubkioki@gmail.com | Telp.(0712) 321083 Fax.(0712) 321083 | Jalan Kapten H.Sulaiman Raden Anom Kayuagung
Copyright@2015 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir